Kamis, 12 Januari 2012

ABOUT BRONKHOSKOPI

BRONKHOSKOPI
A.    Latar Belakang
   Seorang  Otolaryngologist berkebangsaan Jerman, Gustav Killian, melakukan bronkoskopi yang pertama pada tahun 1897, dengan menggunakan bronkoskopi kaku untuk mengeluarkan tulang babi dari bronkus utama kanan (mainsterm bronkus). Killian berhasil mengeluarkan benda asing tersebut dan mencegah dilakukannya  trakheostomi. Sampai pada akhir abad ke-19 metode  ini diterima secara medis sebagai alat untuk mengeluarkan benda asing. Teknik-teknik ini terus dikembangkan Killian sehingga indikasi bronkoskopi makin meluas. Sebagai hasil dari inovasi dan pengembangan bronkoskopi di seluruh dunia, Killian secara umum dikenal sebagai Bapak Bronkoskopi.
    Pada akhir abad ke-19, Chevalier Jackson, seorang  laryngologist di Philadelphia, mengembangkan minat pada bronkhoskopi, dan mulai mengembangkan “tabung” bronkhoskopi. Pada tahun 1904, Jackson merubah bronkoskopi kaku, dengan menambah ocular langsung, tabung suction dan ujung distal untuk pencahayaan atau iluminasi. Jackson  terus merancang dan membuat bronkhoskopi baru serta alat-alat tambahan untuk menyempurnakan teknik-teknik baru untuk evakuasi atau pengeluaran benda asing. Ia juga mengembangkan dan menekankan pentingnya prosedur untuk protokol keselamatan selama tindakan yang dilakukan dan teknik ini masih digunakan sampai sekarang. Pada tahun 1907 Jackson menerbitkan buku monumentalnya yang berjudul “Tracheobronchoscopy, Esophagology dan  Bronchoscopy”. Jackson memahami pentingnya program-program pelatihan endoskopi, dan mengajarkan kursus instruksional bronchoesophagology. Dia dianggap sebagai Bapak Bronchoesophagology Amerika (Raoof, 2001).
    Pada tahun 1966 Shigeto Ikeda memperkenalkan bronkoskopi fleksibel (FB) dengan teknologi pencitraan serat optik. Hal ini  merupakan revolusi dalam bidang bronkoskopi. Kemampuan untuk  flexi  distal ujung bronkoskopi memungkinkan  bronchoscopist (operator bronkoskopi) untuk mencapai ke hampir semua bagian dari saluran nafas yang lebih kecil dari pohon tracheobronchial (segmen bronkus atau saluran udara lebih kecil). Sejak diperkenalkan  penggunaannya pada tahun 1960-an oleh Shigeto Ikeda, bronkoskopi serat optik telah meningkat kegunaannya, dengan  kurang lebih 500.000 prosedur telah dilakukan di USA setiap tahunnya. FOB telah menjadi prosedur yang  tetap oleh ahli paru dan juga sebagai alat diagnostik bagi ahli bedah toraks, anestesi dan juga intensivist (Ovassapian, 2001).
    Serat optik merupakan saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer. Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.
    Perkembangan teknologi serat optik saat ini, telah dapat menghasilkan pelemahan (attenuation) kurang dari 20 decibels (dB)/km. Dengan lebar jalur (bandwidth) yang besar sehingga kemampuan dalam mentransmisikan data menjadi lebih banyak dan cepat dibandingan dengan penggunaan kabel konvensional. Dengan demikian serat optik sangat cocok digunakan terutama dalam aplikasi sistem telekomunikasi. Pada prinsipnya serat optik memantulkan dan membiaskan sejumlah cahaya yang merambat didalamnya. Efisiensi dari serat optik ditentukan oleh kemurnian dari bahan penyusun gelas/kaca. Semakin murni bahan gelas, semakin sedikit cahaya yang diserap oleh serat optik  (http://id.wikipedia.org/wiki/Serat_optik)
    Hasegawa (1998), 27% bronkhoskopi emergensi dikerjakan untuk atelektasis dan retensi sekret jalan napas, 17% untuk ARDS dan edem paru, 13% untuk stenosis jalan napas, 13% untuk pneumonia dan empiema, 8% untuk perdarahan jalan napas dan aspirasi benda asing dan 2% untuk asma bronkhiale. Dari 198 FOB yang dikerjakan di ICU, 47% dilakukan dengan alasan terapi, 44% untuk alasan diagnostik dan 9% untuk alasan keduanya (Raoof, 2001).
    Salah satu kegunaan dari FOB adalah mengeluarkan mucous plug yang merupakan penyebab terjadinya retensi jalan napas dan atelektasis. Pada penderita dengan atelektasis lobar yang mengancam jiwa atau kolaps paru, bronkhoskopi tidak boleh ditunda bila fisioterapi dada gagal. Keuntungan terapiutiknya adalah perbaikan aerasi yang dapat dinilai dengan auskultasi, pertukaran gas yang lebih baik dan bukti radiografik dari ekspansi volume paru pada 40%-80% prosedur (Baughman, 2001)
    Pada penderita dengan hemoptisis, bronkhoskopi dapat memberi kemudahan untuk akses ke lobus yang paling atas dan orificium yang lebih distal. Jika tempat perdarahan aktif tidak dapat diidentifikasi dengan pasti, bronkhoskopi dapat digunakan untuk membilas segmen paru dan mencari timbulnya perdarahan. Setelah sumber hemoptisis ditemukan, dilakukan instilasi langsung saline dingin atau kombinasi salin dengan efineprin. Tindakan ini dapat menghentikan perdarahan dan memberikan kesempatan untuk persiapan torakotomi (Raoof, 2001).
    Pada sebuah penelitian dari 60 penderita dengan corpus alienum paru, sekitar 60% berhasil dikeluarkan dengan FOB, dan 98% dengan RB. Peralatan fleksibel bermanfaat terutama bila benda asing tersebut terlalu distal untuk tindakan RB.
    Tindakan FOB sering digunakan untuk memperoleh spesimen dari saluran napas bagian bawah. Metode yang digunakan adalah bronchoalveolar lavage (BAL), protected samping brush (PSB), dan bronchoscopy lung biopsi (BLB) yang sering dikerjakan secara bersama-sama untuk mengidentifikasi patogen yang potensial (Baughman, 2000).
    Steven dkk (1991) dalam 92 tindakan bronkhoskopi diagnostiknya, menemukan penempatan ET yang buruk pada 15% penderita. Dalam hal ini, bronkhoskopi dapat mendeteksi komplikasi paska penempatan tube, termasuk kerusakan trakea, pemasangan tube yang kurang tepat, edema dan erosi trakea. Hal ini sering barmanfaat dalam penatalaksanaan pasien yang mengalami stridor setelah ekstubasi (Raoof, 2001).

A.    Bronkhoskopi
1.    Pengertian Bronkhoskopi
Kata bronkoskopi berasal dari  bahasa Yunani; broncho yang berarti batang tenggorokan dan scopos yang berarti melihat atau menonton. Jadi, bronkoskopi adalah pemeriksaan visual jalan nafas atau saluran pernafasan paru yang disebut bronkus. Lebih khusus lagi, bronkoskopi merupakan prosedur medis, yang dilakukan oleh dokter yang mempunyai kompetensi di bidangnya dengan memeriksa bronkus atau percabangan paru-paru untuk tujuan diagnostik dan terapeutik (pengobatan). Untuk prosedur ini dokter  menggunakan bronkoskop, sejenis endoskop, yang merupakan instrumen untuk pemeriksaan organ dalam tubuh. Tergantung pada alasan medis atau indikasi klinis untuk bronkoskopi, dokter dapat menggunakan bronkoskopi kaku (rigid) atau Fiber Optic Bronchoscopy (FOB).










Gambar 2.3.  Broskhoskopi
2.    Jenis Bronkhoskopi
Berdasarkan bentuk dan sifat alat bronkoskopi, saat ini dikenal dua macam bronkoskopi, yaitu Rigid Bronkoskopi ( Pipa Kaku ) dan Fiber Optik Bronkhoskopi ( Serat Optik )
a.    Rigid Bronkoskopi ( Pipa Kaku )
    Bronkoskopi rigid merupakan alat yang berbentuk tabung lurus terbuat dari bahan stainless steel. Panjang dan lebar bervariasi, tetapi bronkoskopi untuk dewasa biasanya berukuran panjang 40 cm dan diameter berkisar 9-13,5 mm, tebal dinding bronkoskop berkisar 2-3 mm. Bronkoskopi rigid biasanya dilakukan dengan penderita di bawah anestesi umum. Tindakan ini harus dilakukan oleh  bronchoscopist yang berpengalaman di ruang operasi. Bronkoskopi  rigid diindikasikan pada penderita dengan obstruksi saluran nafas besar dimana dengan FOB tidak dapat dilakukan. Indikasi umum lainnya adalah:
1)    Mengontrol dan penanganan batuk darah massif
2)    Mengeluarkan benda asing dari saluran trakeobronkial
3)    Penanganan stenosis saluran nafas
4)    Penanganan obstruksi saluran nafas akibat neoplasma
5)    Pemasangan sten bronkus
6)    Laser bronkoskopi 









Gambar 2.4.  Rigid Bronchoscope
b.    Fiber Optic Bronkhoskopi  ( Serat Optik )
    Fiber Optic Bronkhoskopi  sangat membantu dalam menegakkan diagnosis pada kelainan yang dijumpai di paru-paru, dan berkembang sebagai suatu prosedur diagnostik  invasif paru.
    FOB berupa tabung tipis panjang dengan diameter 5-6 mm, merupakan saluran untuk tempat penyisipan peralatan tambahan yang digunakan untuk mendapatkan sampel dahak ataupun jaringan. Biasanya 55 cm dari total panjang tabung FOB mengandung serat optik yang memancarkan cahaya. Ujung distal FOB memiliki sumber cahaya yang dapat memperbesar 120o dari 100o lapangan pandang yang diproyeksikan ke layar video atau kamera. Tabungnya sangat fleksibel sehingga memungkinkan operator untuk melihat sudut 160o-180o keatas dan 100o-130o ke bawah. Hal ini memungkinkan  bronchoscopist FOB untuk melihat ke segmen yang lebih kecil dan segmen sub cabang bronkus ke atas dan ke bawah dari bronkus utama, dan juga ke depan belakang (anterior dan superior).









            Gambar 2.5.  Fiber Optic Bronchoscope

3.    Indikasi Bronkhoskopi
        Indikasi dari bronkoskopi adalah untuk membantu dalam menegakkan diagnosis, sebagai terapeutik serta evaluasi pre operatif / post operasi.
a.    Indikasi Diagnostik
Yang termasuk indikasi diagnostik bronkoskopi antara lain:
1)    Batuk
2)    Batuk darah yang tidak diketahui penyebabnya
3)    Wheezing lokal dan stridor
4)    Gambaran foto toraks yang abnormal
5)    Obstruksi dan atelektasis
6)    Adanya benda asing dalam saluran napas
7)    Pemeriksaan Bronchoalveolar lavage (BAL) 
8)    Lymphadenopathy atau massa intrabronkial pada intra toraks
9)    Karsinoma bronkhus
10)    Ada bukti sitologi atau masih tersangka
11)    Penentuan derajat karsinoma bronkus
12)    Follow up karsinoma bronkus 
b.    Indikasi Terapi
1)    Yang termasuk indikasi terapeutik bronkoskopi antara lain:
2)    Mengeluarkan sekret/gumpalan mukus yang tertahan penyebab atelektasis, pneumonia dan abses paru
3)    Mengeluarkan benda asing pada trakeobronkial
4)    Pemasangan stent pada trakeobronkial
5)    Dilatasi bronkus dengan menggunakan balon
6)    Kista pada mediastinum
7)    Kista pada bronkus
8)    Mengeluarkan sesuatu dengan bronkoskopi
9)    Brachytherapy
10)    Laser therapy
11)    Abses paru
12)    Trauma dada
13)    Therapeutic lavage (pulmonary alveolar proteinosis)


4.    Posisi Bronkhoskopi
a.    Tidur terlentang
b.    Duduk di kursi
5.    Teknik Bronkhoskopi
Ada 3 macam teknik bronkhoskopi, yaitu :
a.    Trans nasal
b.    Trans oral (yang sering dilakukan)
c.    Melalui rigid atau endotrakeal
6.    Kontra Indikasi Bronkhoskopi
Kontra indikasi tindakan bronkoskopi terdiri dari kontra indikasi absolut dan relatif.
a.    Kontra indikasi absolut antara lain :
1)    Penderita kurang kooperatif
2)    Keterampilan operator kurang
3)    Fasilitas kurang memadai
4)    Angina yang tidak stabil
5)    Aritmia yang tidak terkontrol
6)    Hipoksia yang tidak respon dengan pemberian oksigen
b.    Kontra indikasi relatif antara lain :
1)    Asma berat 
2)    Hiperkarbia berat
3)    Koagulopati yang serius
4)    Bulla emfisema berat
5)    Obstruksi trakea
6)    High Positive end-expiratory pressure 

7.    Komplikasi Bronkhoskopi
Pada umumnya FOB mempunyai batas keamanan yang tinggi dengan angka mortaliti 0-0,4 % dengan komplikasi mayor (perdarahan pada waktu dilakukan biopsi, depresi pernafasan, henti jantung, aritmia, dan pneumotoraks) < 1 % pada waktu tindakan bronkoskopi.
a.    Komplikasi akibat premedikasi
1)    Depresi pernapasan
2)    Hypotensi
3)    Sinkope
4)    Henti napas
b.    Komplikasi akibat anestesi lokal
1)    Spasme laring
2)    Methemoglobinemia
c.    Komplikasi akibat tindakan bronkhoskopi
1)    Spasme laring
2)    Gagal napas
3)    Pneumonia
4)    Pneumothorax
5)    Perdarahan
6)    Henti jantung (cardiac arrest)
7)    Takikardi
8.    Premedikasi Bronkhoskopi
Tindakan premedikasi sangat dianjurkan untuk semua penderita yang akan dilakukan bronkhoskopi, kecuali pada penderita yang tidak sadar atau penderita yang sudah terpasang endotrakeal tube.
a.    Tujuan premedikasi
1)    Tujuan umum
a)    Untuk mencegah efek obat para simpatolitik dari obat-obat anestesi
b)    Untuk mengurangi rasa takut atau nyeri dan dengan aktif akan memberikan ketenangan pada penderita. Obat ini bekerja secara sentral dan amnestik (agar penderita amnesia).
2)    Tujuan khusus
a)    Menghilangkan rasa takut dan cemas
b)    Meningkatkan kerjasama antara penderita dan dokter
c)    Mengurangi reflek batuk dan reflek menelan yang dapat mengganggu kelancaran tindakan, sebab bila reflek batuk masih ada bisa menimbulkan disaritmia dan bronkhospasme.
d)    Dapat mengurangi kemungkinan timbulnya keracunan pada sistem nervus sentral karena obat-obat anestesi.
b.    Obat-obat premedikasi
1)    Sulfas Atropin
Sulfas Atropin diberikan dengan dosis 0.5 mg, dosis dapat ditingkatkan sesuai dengan keperluan, diberikan 30 menit sebelum dilakukan bronkhoskopi dengan tujuan untuk :
a)    Menghambat vasovagal reflek
b)    Mengurangi secret
c)    Menetralisir obat anestesi local
d)    Mengurangi rangsangan yang disebabkan oleh bronkhoskopi
2)    Dipenhydramin
a)    Diberikan dengan dosis 1 cc ( 10 mg )
b)    Dosis dapat diberikan sampai 20 mg atau sesuai kebutuhan
c)    Diberikan bersama-sama dengan sulfas atropin secara IM dengan tujuan untuk mencegah adanya alergi dari tubuh terhadap obat-obat anestesi.
c.    Hal-hal yang perlu diperhatikan perawat
1)    Sebelum dilakukan premedikasi penderita harus diukur tekanan darah, nadi (gejala cardinal)
2)    Siapkan obat-obat emergency seperti adrenalin, kalmetason, petidin, midazolam, infuse, dll.
9.    Anestesi Bronkhoskopi
Pemberian anestesi dimaksudkan agar selama dilakukan bronkhoskopi penderita tidak merasa sakit, rileks dan tenang sehingga operator dapat bekerja secara maksimal. Pada tindakan bronkhoskopi, anestesi diberikan dengan dua macam cara, yaitu :

a.    Anestesi lokal
1)    Secara rutin semua tindakan bronkhoskopi menggunakan anestesi lokal
2)    Anestesi lokal diberikan 30 menit setelah premedikasi, dengan menyemprotkan xylocain spray 10% pada pangkal lidah, faring dan laring. Penyemprotan tidak boleh lebih dari 20 kali semprotan.
3)    Selanjutnya dilakukan instilasi lidocain 2% 4-6 cc dan diharapkan lidocain ini dapat tersebar merata dikedua bronkhus utama dan cabang-cabangnya.
4)    Pemakain keseluruhan tidak boleh lebih dari 400 mg.
b.    Anestesi umum
    Pada umumnya tindakan bronkhoskopi tidak memerlukan anestesi umum kecuali pada keadaan sebagai berikut :
1)    Bila penderita sensitif atau peka terhadap obat-obat anestesi lokal
2)    Bila pemakain bronkhoskopi memerlukan waktu yang lama.
10.    Persiapan Tindakan Bronkhoskopi
Persiapan tindakan bronkhoskopi ada dua macam yaitu persiapan penderita dan persiapan alat serta obat.
a.    Persiapan penderita
1)    Informasi yang berkaitan dengan riwayat penyakit sebelumnya, penyakit sekarang, kondisi fisik dan mental penderita dan riwayat reaksi alergi terhadap obat yang akan digunakan untuk tindakan bronkoskopi.
2)    Memberikan informasi kepada penderita tentang tahapan yang akan dilakukan mulai dari persiapan bronkoskopi sampai pasca bronkoskopi, penjelasan tentang tindakan anestesi yang  dilakukan  dan efek anestesi yang dirasakan penderita
3)    Menandatangani surat persetujuan tindakan (informed consent)
4)    Persiapan fisik antara lain :
a)    Puasa minimal 6 jam sebelum dilakukan tindakan
b)    Test lidocain 2% 0.1 cc diberikan intracutan dan dibaca setelah 15 menit
5)    Persiapan penunjang
a)    Foto toraks AP Lateral
b)    Faal paru
(1)    VC > 1000 cc
(2)    FEV1 > 800 cc
c)    PAO2 > 65 mmHg
d)    Faal hemostatis
(1)    Hb > 10 gr%
e)    EKG
b.    Persiapan alat dan obat
1)    Meja anestesi dan premedikasi
a)    Lampu kepala (head lamp)
b)    Kaca tenggorok (keel spiegel)
c)    Xylocain spray 10%
d)    Lampu spiritus
e)    Disp spuit 5 cc
f)    Tong spatel
g)    Spuit instilasi
h)    Cucing berisi lidocain 2%
i)    Kasa dan tissue secukupnya
j)    Obat-obat sulfas atropine dan dipenhydramin
2)    Meja instrument
a)    Disp Spuit 50 cc
b)    Disp Spuit 10 cc
c)    Disp Spuit 5 cc
d)    Cucing berisi PZ
e)    Cucing berisi lidocain 2%
f)    Hand schoon
g)    Botol penampung washing
h)    Alat untuk aspirasi biopsi
i)    Alat untuk forcep biopsi
j)    Alat untuk brushing
k)    Alat bronkhoskopi (fiber optic)
l)    Alkohol 90%
m)    Alkohol 70%
n)    Formalin cair 10%
o)    Kasa dan tissue secukupnya
p)    Objek glass
q)    Pengaman gigi (mouth piece)
3)    Obat-obat emergency
a)    Pethidin
b)    Adrenalin
c)    Kalmetason
d)    Midazolam
e)    Aminophylin
f)    Valium
g)    Transamin
h)    Epidrin
i)    Alupent
j)    Transfusi set
k)    Surflo
l)    Cairan infus
4)    Alat-alat penunjang lain
a)    Oxymeter
b)    Oksigen
c)    Suction
d)    2 buah mangkok berisi larutan tepol dan aquades (untuk mencuci alat bronkhoskopi)


11.    Pelaksanaan Bronkhoskopi
a.    Tahap I
1)    Diberikan motivasi tentang tujuan dan akibat yang mungkin timbul dari tindakan bronkhoskopi, diharapkan penderita kooperatif agar tindakan ini berhasil secara maksimal
2)    Menandatangani surat persetujuan tindakan, baik oleh penderita maupun keluarganya
3)    Ukur gejala cardinal ( tekanan darah, nadi)
b.    Tahap II
1)    Test lidocain 2% 0.1 cc intracutan dan dibaca setelah 15 menit
2)    Diberikan dipenhydramin 1 cc (10 mg) dan sulfas atropine 2 amp (0.5 mg) intramuscular dan ditunggu selama 30 menit
3)    Lepas gigi palsu kalau ada (agar tidak tertelan saat penderita batuk, selama dilakukan tindakan bronkhoskopi)
4)    Sesudah 30 menit dilakukan lokal anestesi dengan pemberian xylocain spray 10% pada pangkal lidah dengan dosis tidak boleh lebih dari 20 kali semprotan
5)    Instilasi lidocain 2% sebanyak 4-6 cc pada plika vokalis dan trakea. Pemakaian lidocain tidak boleh lebih dari 400 mg
6)    Penderita ditidurkan dimeja operasi dengan posisi terlentang dan mata ditutup dengan mitella
7)    Dipasang oxymeter untuk memonitor nadi dan saturasi oksigen
8)    Diberikan oksigen 2 lpm melalui nasal kanul
9)    Mouth piece (pengaman gigi) dipasang, selanjutnya operator memasukkan ujung bronkhoskop yang sudah diolesu jelly (lubricating gel) kedalam mulut melalui mouth piece
10)    Posisi perawat berdiri disebelah kiri penderita dan dokter untuk memudahkan membantu pelaksanaan tindakan tersebut
11)    Skop masuk malalui plika vokalis, trakea, karina utama, bronkhus dan cabang-cabangnya
12)    Pada cabang bronkhus yang diduga ada kelainan dilakukan pengambilan specimen dengan cara :
a)    Aspirasi Biopsi
    Pengambilan specimen dengan cara memasukkan jarum panjang ditempat yang dicurigai ada keganasan, dihisap dengan disp spuit 50 cc dan specimen disemprotkan diatas ojek glass








                Gambar 2.6.  Aspirasi Biopsi

b)    Biopsi Forcep
    Cara pengambilan jaringan dengan memakai forcep. Forcep diarahkan ketempat yang dicurigai adanya keganasan, mulut forcep dinuka dan ditancapkan ke jaringan tersebut dan ditutup (sesuai aba-aba operator). Hal ini dilakukan 2-3 kali sampai didapatkan jaringan untuk bahan pemeriksaan








Gambar 2.7.   Forcep Biopsi
c)    Bronkhial Brushing
    Dilakukan sikatan ditempat yang dicurigai adanya keganasan atau keradangan untuk mendapatkan bahan pemeriksaan. Dari hasil sikatan dioleskan pada objek glass yang sudah disediakan. Setelah selesai tindakan bronkhoskopi penderita dipindahkan ke ruang khusus untuk observasi selanjutnya, apakah ada komplikasi dari tindakan tersebut








                Gambar 2.8.  Bronkhial Brushing

d)    Bronkhial Washing
    Dilakukan pencucian ditempat yang dicurigai adanya keganasan dan dilakukan sesuadah biopsi. Pencucian pada luka bekas biopsi diharapkan ada sisa-sisa jaringan yang ikut dalam cairan bilas tersebut.
12.    Perawatan Post Bronkhoskopi
a.    Perawatan penderita
1)    Observasi gejala cardinal
Tekanan darah/nadi, apakah ada tanda-tanda :
a)    Aritmia
b)    Bradikardi
c)    Takikardi
Tanda-tanda lain :
Pusing, mual, muntah, keringat dingin dan adanya bronkhospasme, catat semua tanda tersebut pada lembar observasi. Observasi dilakukan diruang tindakan paru dan selanjutnya dilaksanakan diruang penderita dirawat. Bagi penderita yang rawat jalan apabila tidak terdapat kelainan-kelainan tersebut diatas, maka penderita diperbolehkan pulang dengan catatan : bila timbul keluhan-keluhan diharapkan penderita dibawa kembali atau langsung dibawa ke IRD
2)    Observasi pernapasan dan perdarahan
a)    Bila terjadi sesak napas, diberikan oksigen 3 lpm atau dengan masker oksigen 6 lpm, pemberian bisa ditambah sesuai petunjuk dokter.
b)    Perdarahan bisa terjadi setelah dilakukan biopsi, dan bila terjadi perdarahan : catat warna dan jumlahnya. Perlu dijelaskan pada penderita bahwa perdarahan tersebut adalah sisa-sisa dari tindakan bronkhoskopi dan penderita tidak perlu takut, nanti akan berhenti sendiri karena sudah diberi obat. Sebaiknya kalau penderita merasa ingin batuk jangan ditahan, agar sisa-sisa perdarahan keluar semua, dan tidur penderita dengan posisi trendelenberg.
3)    Penderita puasa minimal 2 jam sesudah tindakan bronkhoskopi.
Dengan tujuan : agar sisa-sisa efek obat anestesi hilang dan fungsi menelan kembali normal.
b.    Perawatan alat
    Setelah selesai tindakan bronkhoskopi, alat diusahakan tetap bersih dengan cara :
1)    Usap/lap bagian luar bronkhoskopi dengan larutan tepol (antiseptik) beberapa kali serta lakukan pembersihan bagian dalam alat bronkhoskopi dengan cara menghisap larutan tepol melalui channel. Jika sebelumnya channel dipakai biopsi, maka bersihkan dengan memakai sikat khusus terlebih dahulu
2)    Usap/lap dengan air bersih (aquadest) beberapa kali, lalu hisap aquadest untuk membersihkan bagian dalam bronkhoskop
3)    Rendam dalam larutan cidex selama 15-20 menit, lalu bilas dengan aquadest
4)    Keringkan dengan cara tetap menghubungkan alat bronkhoskopi dengan alat penghisap (suction) beberapa menit sampai cairan dalam channel tersedot seluruhnya
5)    Simpan dengan cara menggantung alat bronkhoskopi dilemari khusus dengan sinar ultra violet selama ½ sampai 1 jam.
Perhatian
1)    Alat bronkhoskopi tidak boleh ditekuk, karena serat optik bisa putus yang menyebabkan gambar tidak terang
2)    Perendaman didalam larutan cidex tidak boleh terlalu lama, karena bronkhoskopi bagian luar akan menjadi kasar dan bisa menyebabkan iritasi mukosa saluran napas.
13.    Pemerikasaan Laboratorium
Pada tindakan bronkhoskopi biasanya ada specimen-specimen yang diperiksa dilaboratorium, yaitu :
a.    Bahan sedian langsung
1)    Kultur
a)    Aerob
b)    An aerob
c)    Micobacterium TB
2)    Smear
a)    BTA
b)    Gram
b.    Bahan sitologi dan fiksasinya
1)    Aspirasi biopsi fiksasi alkohol 90%
2)    Bronkhial washing fiksasi alkohol 70%
3)    Bronkhial brushing fiksasi alkohol 70%

c.    Bahan histologi dan fiksasinya
    Biopsi forcep dengan fiksasi formalin 6-10%, keadaan tersebut sesuai dengan permintaan laboratorium yang memeriksa.

14.    Kriteria Penampakan Gambaran Bronkhoskopi
Pada saat melakukan bronkoskopi, ada beberapa keadaan yang dapat dijumpai, seperti:
a.    Normal
Dimana pada saat dilakukan bronkoskopi tidak dijumpai kelainan pada mukosa ataupun cabang-cabang bronkus.
b.    Inflamasi
Gambaran inflamasi dapat menyeluruh (misalnya bronkitis kronis) ataupun lokal (akibat benda asing). Inflamasi dapat  terjadi secara akut (misalnya radang paru yang berhubungan dengan segmental) maupun kronis (misalnya tuberkulosis).
Perubahan peradangan meliputi :
1)    Hiperemis dan peningkatan vaskularisasi dari mukosa (berwarna gelap atau merah muda atau bahkan merah). Mukosa bronkus normal berupa palepink atau berwarna merah kuning.
2)    Pembengkakan (swelling)
Pada peradangan ringan, tampak  sedikit pinggir dari karina tumpul dan buram atau kehilangan kontur sehingga tulang rawan bronkial menonjol. Pada peradangan yang parah terjadi penyempitan mukosa.
3)    Sekresi
Mukosa yang normal hanya sedikit menghasilkan lendir yang berguna untuk pembersihan. Pada waktu peradangan, sekresi menjadi banyak dan sifat sangat bervariasi, misalnya mukoid, tebal dan  mukus yang kental (bronkitis kronis), Mukus berupa plague (asma), pus/nanah (infeksi berat).

4)    Perubahan terlokalisir (localized changes)
Reaksi lokal dapat dijumpai pada kelainan seperti pneumonia, abses paru, TBC, aspirasi benda asing, bronkiektasis, karsinoma, dan lain lain.
5)    Ascociated changes
Terutama terlihat pada penderita Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK), dimana dijumpai submukosa atrofi, hipertrofi pada dinding membran bronkiol
6)    Tuberkulosis
Dijumpai peradangan pada endobronkial, distorsi pada lumen trakea/bronkus yang disebabkan limfadenofati ekstrabronkial.
c.    Tumor
    Gambaran bronkoskopi pada tumor, pembesaran kelenjar getah bening atau metastasis dapat dijumpai tiga perubahan utama, yaitu :
1)    Distorsi anatomi oleh karena adanya tekanan eksternal pada trakeo bronkial, biasanya disebabkan oleh limfadenopati sekunder  berupa pelebaran sudut karina, pembengkakan pada dinding trakea/bronkus utama
2)    Keterlibatan dari dinding bronkial dengan distorsi lokal  atau ulserasi dari mukosa pada sebagian atau seluruh lumina
3)    Pertumbuhan intraluminer mungkin merupakan awal dari intralumen itu sendiri, dijumpai pelebaran atau ruptur dari kelenjar limfe sekunder melalui dinding bronkial. Pertumbuhan intralumen bisa menutup lumen secara total atau parsial.
Tumor    Karakteristik Bronkhoskopi
Karsinoma    Berlobus/nekrotik, berwarna putih/krem, permukaan mukusa tampak penonjolan pembuluh darah (engorged)
Karsinoid    Berwarna merah cherry, bulat mudah berdarah
Kondromata    Halus, permukaan pucat, konsistensi kasar

              Tabel 2.1.   Karakteristik Gambaran Bronkhoskopi Tumor
d.    Miscellaneous
1)    Perdarahan bronkial
Dalam beberapa kasus batuk darah (hemoptisis), pemeriksaan bronkoskopi memberikan gambaran normal. Pada perdarahan yang masif dilakukan pembersihan dari  trakeobronkial dengan normal salin untuk membantu menemukan sumber perdarahan
2)    Benda asing
Benda asing sering menyebabkan peradangan lokal, bahkan menyebabkan infeksi yang luas dan kerusakan pada bronkial dan jaringan paru distal serta dapat menghasilkan sekresi purulen.
3)    Sarcoidosis
Tampak dua gambaran utama, yaitu :
a)    Pembesaran  kelenjar  getah  bening, karina dan  subkarina  melebar dan distorsi trakeobronkial
b)    Perubahan  bentuk  mukosa  trakeobronkial,  hiperemis  dan  sekresi yang meningkat.
4)    Perubahan radiasi
Perubahan mengikuti pola umum: segera,  reaksi peradangan akut, selanjutnya penyusutan atau hilangnya tumor dengan berkurangnya peradangan, mukosa pucat dan kontraktif jaringan parut setelah beberapa bulan dan terjadi  fibrosis pada daerah yang terkena.
5)    Trauma trakea
Dijumpai fraktur pada dinding trakea atau bronkus.
6)    Fistula Bronkopleura 
Merupakan sekunder dari empiema, abses paru, pecahnya kista paru, pneumotoraks, trauma atau pasca operasi. Pada gambaran bronkoskopi tampak gelembung udara, waktu sekresi tampak gerakan pernafasan.
7)    Amiloidosis
Jarang terjadi, dinding bronkial berwarna kuning/abu-abu yang menyerupai gambaran carsinomatous infiltratif.
DAFTAR RUJUKAN


Sudiyasa K. 2011. Bagaimana Menyiapkan Bronkhoskopi dan Membantu Pelaksanaanya

Swidarmoko B, Susanto A.D. 2010. Pulmonologi Intervensi dan Gawat Darurat Napas. Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Jakarta

Prasenohadi. 2010. Manajemen Jalan Napas. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Jakarta

Muttaqin, A. 2008. Buku Ajar Asuhan Keperawatan Klien Gangguan Sistem Pernapasan, Jakarta. Salemba Medika. Hal 4-31

Supartin & Sudiyasa K, 2003. Asuhan Keperawatan Penderita Tumor Paru yang Dilakukan Tindakan Bronkhoskopi

Hood Alsagaff, 1997. Pelayanan Tindakan Medis dan Kegiatan Non Medis UPF Paru. UPF/Lab Ilmu Penyakit Paru RSUD Dr. Soetomo-Surabaya

Moch Amin, Hood Alsagaff, WBM Taib Saleh, 1993. Pengantar Ilmu Penyakit Paru

WBM taib Saleh, 1990. Menentukan Diagnosis Bronkologi dengan Fiber Optik Bronkhoskopi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar